Klayar Paradise from Indonesia

Kemarin gue baru aja nge-trip singkat selama satu hari buat ngelebur kepenatan. Aktivitas sehari-hari bisa aja bikin kita pusing karena dilakuin rutin dan itu-itu aja. Misal kuliah-pulang-kantin (KPK). Nah buat ngusir rasa jenuh tersebut maka pikiran kita harus di sterilkan sob. Bisa pake alkohol atau betadine. Eh.. maksud gue bukan begitu, lakuin aja hal yang bikin lu seneng. Bisa ngelakuin hobby, jalan-jalan, atau kegiatan lain yang pastinya jarang dilakuin.


Kalo gue milih melakukan perjalanan. Wisata misal ke seluruh alam di Indonesia. Beuuh...

"Jauh dong kak?"
Sebenernya kaga, karena apa? Alam di Indonesia itu banyak, setiap daerah pasti ada yang diunggulin. Nah itung-itung kalo kita jalan-jalan maka juga semakin mengenal yang namanya alam di daerah tersebut. Dan juga lu bisa promosiin Indonesia juga. Entar kita bahas deh.


Beberapa hari yang lalu gue habis dari Klayar sob. Belum pernah kesana? Oke, Klayar itu adalah sebuah pantai di Pacitan, Jawa Timur.


Posisi pantai Klayar © fotografer.net


Pantai Klayar bagi gue is really magical place. Kenapa?
Karena di Klayar ada batu yang bisa bersiul. Dan sebaiknya gue kasih tau gimana itu klayar.

Oke sob, untuk mencapai Klayar dari Solo butuh 3-5 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Dan kemarin ngelakuinnya dengan muterin rute waduk Gajah Mungkur di Wonogiri. Untuk trek perjalanan sendiri lumayan bikin bokong tepos. Jadi yang punya bokong tipis kayak gue siap-siap aja merasakan pegel yang cetar membahana.

Untuk mencapai ke Pantai Klayar sangat disarankan melewati rute goa Gong. Karena kalo nggak (langsung ke Pantai) akan menemui jalan yang rusak. Dan tambahan lagi kalo kita melewati Goa Gong dan singgah, berarti kita menyempatkan diri mengunjungi goa terindah di Asia Tenggara. Wuihh!!

"Terus apa bagusnya Goa Gong?"
Itu dia, goa Gong seperti namanya adalah sebuah goa yang terdapat stalaktit dan stalagmit menakjubkan. Dan ada salah satu stalaktit yang jika kita pukul akan berbunyi seperti bunyi Gong. Gak heran kalonya goa Gong dijadiin tempat buat nyepuh Gong.


Spoiler for Danbud. "Awas pegangannya gede!!!"
Nah sehabis dari Gong lanjut ke Klayar. Jaraknya lumayan deket. Sekitar 10 Km aja sob dan menurut perhitungan Google Maps ditempuh dalam waktu 15 menit. Etapi setelah dilakuin ya sekitar 40 menit dari goa Gong.

Jalan masuk ke Klayar kece banget. Setelah menaiki tanjakan kecil kita bakal langsung menghadap pantai nan biru. Nah di sini adalah tempat yang bagus buat ngambil gambar background landscape pantai Klayar secara keseluruhan. 



"Biaya gimana sob?"


Oke untuk trip hemat ke Klayar kita butuh sebuah sepeda motor (kalo make mobil juga boleh). Dengan motor bisa patungan BBM 20 ribu/orang. Untuk makan bisa mampir ke pertigaan Donoredjo. Tepat di pertigaannya ada warung. Lumayan mahal sih, nggak seperti kantong mahasiswa. Ya sekitar 10 ribu-an cukup lah. Disarankan membawa bekal yang cukup agar lebih menghemat. Oh iya, untuk akses masuk ke Klayar kemarin cukup dengan 5 ribu per orang terus buat ke goa Gong 6 ribu per orang. Jadi untuk ke Klayar jika mulai dari kota Solo kurang lebih butuh kantong sekitar 50 ribu rupiah.


Pengen liat Klayar kayak gimana? Nih ada dokumentasinya.



Tambahan lagi, di Klayar untuk akses komunikasi susah. Hampir semua provider sinyalnya remed semua alias kosong. Jadi siap-siap aja. 

Komentar

  1. how awesome this place :"

    BalasHapus
  2. berarti lebih deket dari solo ya ketimbang dari surabaya kalau ke klayar. 8 jam lebiiiihhh. haha...
    tapi kalau sudah nyampek klayar, gak rugi deh nempuh perjalanan panjang, apalagi liat ombak nya wuiiiss sedap :)) #SorryCurhat #NumpagBloggWalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Pokoknya Klayar itu paradise deh.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.