Dunia Nggak Sempit: Cari Tau Sendiri Kenapa Alasan Kalian Ngeblog! | Good Ideas. Great Stories.
Photo by rawpixel.com from Pexels




Judul artikel ini bukanlah sebuah gertakan. Tapi, asumsikan saja saya sedang bercerita dengan sedikit bumbu-bumbu serius. Nggak perlu skeptis. Santai saja.

***

Mungkin akan lebih mudah jika diawali dengan sebuah pertanyaan:
"Apa alasan kalian membuat sebuah blog?"
Jadi begini, konsep berbagi paling mudah yang saya dipahami dan sederhana adalah membagi pengetahuan yang dimiliki. Seandainya kalian suka tentang makanan? Silakan ngumpul bareng dengan geng kuliner di kelas. Perkenalkan diri kemudian bahas dikit tentang lokasi makan yang enak dan lain sebagainya.

Kalian bisa saling berbagi tentang hal yang disukai, lakukan atau pun juga hal-hal yang nggak menyenangkan. Nah, nggak cuman di dunia nyata. Konsep berbagi juga bisa digunakan di dunia maya atau internet.

Jika di dunia nyata, kalian bisa menulis menggunakan buku catatan harian dan membagikannya kepada teman-teman. Sekarang, kalian bisa dengan mudah menuliskan hal serupa menggunakan internet. Topik yang ditulis pun sesuai dengan kemampuan dan kegemaran kalian. Boleh juga pandangan kalian terkait suatu hal seperti isu sosial maupun membahas tensi politik. Tapi, kenapa harus membuat blog? Apa alasannya?

My Personal Reason

Sekitar akhir 2008-an, saya membuat blog. Ya, media yang bisa digunakan untuk saling berbagi dalam bentuk apapun terutama tulisan. Alasan saya juga beragam. Selain karena untuk berbagi, media blog juga cocok sebagai tempat belajar. Saat itu saya senang sekali belajar tentang personal branding, self development dan visual graphic. Kemudian di tahun 2011, saya sedikit tertarik tentang dunia marketing. Pada saat itu sudah banyak sekali blog yang membahas tentang marketing. Bahkan marketing pun terbagi-bagi lagi menjadi sub topik yang lebih kecil. Salah satu yang menarik bagi saya adalah digital marketing.

Ilmu digital marketing sangat penting dipelajari dalam mengelola sebuah blog. Loh, kenapa penting? Karena jika niat kalian adalah berbagai, kenapa nggak serius untuk membagikannya kepada khayalak umum? Jika cuman kalian tulis dan dibiarkan begitu saja, akan sia-sia karena setiap harinya selalu ada informasi baru dan berubah. Tentu kalian nggak ingin apa yang kalian bagikan tenggelam begitu saja. Itu alasan sederhana dari saya yang juga menjadi dasar untuk membuat layanan blog beberapa tahun yang lalu.

Ngomongin tentang digital marketing, saya berkenalan dengan topik ini pertama kali dari blog. Pada saat itu saya pernah mendapatkan kesulitan ketika diberikan tugas untuk memasarkan suatu produk, dalam hal ini affiliate produk. Kerjasama ini sedikit sulit karena pemasarannya harus melalui media internet. Sedangkan saya nggak memiliki latar belakang marketing sama sekali. Wong ya namanya jualan kan ada ilmunya, lha itu, saya nggak punya. Nah, dari blog saya banyak belajar dengan mereka yang berkecimpung dalam digital marketing.

Why Digital Marketing so important?

Dari digital marketing saya memahami Search Engine Optimization (SEO). SEO menjadi pakem umum sebagau acuan bahwa website kalian sudah muncul di hasil pencarian melalui search engine. Wait what? Marketing dan SEO? Yap, tepat sekali. SEO adalah teknik pemasaran digital yang secara teknis menggunakan hasil pencarian sebagai tools untuk menghubungkan apa yang kalian tawarkan menggunakan internet.

Photo by PhotoMIX Ltd. from Pexels


Apabila website belum memiliki performa SEO yang diinginkan, maka harus segera dibenahi. Visibilitas yang baik di search engine adalah strategi marketing digital yang penting. Sebab semakin banyak kemungkinan orang masuk ke website secara organik.

Selain melalui back-end dan coding, konten yang ada di blog kalian juga berperan penting untuk mengoptimalkan SEO. Salah satu caranya adalah dengan memastikan kamu memiliki konten yang up-to-date, ditulis dengan baik, dan konten juga memuat kata kunci penting terkait produk dan atau jasa.

Selain SEO, strategi digital marketing lain adalah Conversion Rate Optimization (CRO) sebagai acuan Untuk mengukur keberhasilan campaign atau metode digital marketing yang kalian lakukan. Semisalnya membeli suatu produk, mendaftarkan diri, membuka halaman tertentu, melihat video sampai habis dan sebagainya. Dalam meningkatkan conversion rate, kalian dapat memperbaiki website melalui pop up banner (walaupun ini annoying sih) atau sebuah main banner yang catchy.

Jadi, belajar ilmu marketing adalah salah satu alasan terkuat saya kenapa harus membuat blog. Kemudian kenapa saya sangat tertarik dengan SEO dan CRO? Karena kedua hal ini bisa langsung diaplikasikan dan dicoba hanya dengan sedikit effort. Ibaratnya, saya bisa melakukan trial-error untuk berbagai kasus yang berbeda.

Namun, bukan berarti membuat blog akan semudah menjentikkan jari. Kelemahan saya adalah sering stuck jika dipaksa membahas hal lain yang tidak saya kuasai. Dalam hal ini menulis topik di luar kemampuan saya. Hal ini baru saya sadari ketika menjalankan suatu project yang membutuhkan bidang lain dan saya nggak memiliki kenalan di sana. Ya, karena saya berteman dengan orang yang itu itu saja keahliannya. Saya sadar, bahwa harus ada 'jembatan' yang dibangun. Ini yang menjadi alasan lain kenapa saya masih bergelut mengelola blog. Ada beberapa alasan kenapa saya menulis sebuah blog sebagai 'jembatan', yaitu.

Pertama, pengetahuan. Ya, pengetahuan kalian bisa jadi lebih luas. Kalian bisa menanggapi topik tertentu dari sudut pandang yang berbeda. Pengetahuan semakin luas karena semakin banyak saya menulis. Ya karena saya harus semakin banyak membaca. Sometimes, I need to read before I write.

Kedua, sharing knowledge. Setelah saya mendapatkan pengetahuan, ada satu hal lagi yang perlu dilakukan yaitu sharing knowledge. Mengapa? Ya kalo ide menulis hanya ada di angan-angan, kadang kalian nggak tau kalo peluang lain juga menanti.

Beberapa teman saya yang hobi menulis sekarang sudah bekerja dari apa yang selalu mereka kerjakan. Ya jadi penulis konten artikel, penulis lepas atau content creator video maupun grafis. Writing and publishing are the most effective ways to serve the others.

Ketiga, jadi semakin banyak koneksi. Serius deh. Coba bayangkan jika semakin banyak orang yang kalian kenal dan mereka tau keahlian kalian, maka semakin mudah kalian direkomendasikan untuk mengerjakan suatu hal. Itu baru satu sisi positifnya, mungkin jika kalian merasakan sebuah kesulitan, orang lain bisa membantu kalian. Misal nih, kalian kebagian project sebuah desain blog dan main content di dalamnya. Sedangkan expertise kalian adalah copywriting dan content writing. Maka kalian membutuhkan partner untuk membuat tampilan website tersebut. Kalo networking sudah tercipta dan banyak, makan tugas ini akan mudah untuk dikerjakan.

Keempat, improve my writing skills. Seriously, kalo nulis cuman dibaca sendiri kadang-kadang jenuh juga. Ada saatnta saya membandingkan hasil tulisan saya dengan artikel milik orang lain. Bahkan jika networking kalian sudah terjalin dengan baik, ada saatnya teman kalian ikut mengkoreksi apa yang sudah dikerjakan. Tentu hal ini akan menambah wawasan dan meningkatkan keahlian kalian dalam menulis artikel

And here is a little secret

Ngomongin tentang blog nggak jauh dari dunia internet. Mulai dari hal teknis kepenulisan hingga operasional seperti domain dan web hosting. Teknis kepenulisan bisa kalian pelajari seiring berjalannya waktu. Entah itu dari teman-teman di komunitas maupun dari berbagai kompetisi yang diselenggarakan.

Lain halnya dengan sisi operasional seperti pemilihan nama domain, server dan web hosting. Poin utama adalah sumber daya yang reliable. Sehingga nggak ada alasan lagi blog milik kalian punya down time yang terlalu lama atau bahkan sulit diakses. Banyak sekali provider hosting di Indonesia. Namun, saya merekomendasikan web hosting murah 2019 bersama Domainesia.

Why Domainesia?

Simpelnya, harga yang ditawarkan cukup bersahabat yakni mulai dari Rp. 8.000/bulan hingga Rp. 64.000/bulan. Itu sudah pakai 100% Enterprise SSD untuk performa. Ya tau sendiri lah kecepatan SSD dibandingkan hosting konvensional yang masih menggunakan HDD.

Domainesia punya server di Jakarta. Server yang berdekatan dengan blog kalianya pastinya punya potensi secara efisien untuk dapat memiliki akses yang lebih cepat.

Pssstt... info penting nih buat kalian yang ingin beli hosting melalui Domainesia saya punya voucher potongan 20% nih dari Jungjawa. Tinggal masukin aja kupon 'JUNGJAWA20' pada pembayaran kalian. Enak kan? Paling penting menurut saya adalah support ke konsumen. Domainesia dalam hal ini sangat baik. Saya pernah mengalami permasalahan teknis dimana harus dikerjakan secepat mungkin. Admin chat support dari domainesia mampu melayani saya dengan baik pada saat itu. Wagelaseh!

Jadi, apakah kalian sudah menemukan alasan tersendiri kenapa harus membuat sebuah blog? Atau jangan-jangan kalian punya alasan lain yang jauh berbeda dengan saya, tidak masalah. Silakan, dunia itu memang nggak sempit kok. Bahkan kalian punya kesempatan untuk saling berdiskusi di kolom komentar. Happy blogging!

P.S. Just a small note, I think it can help me to read this article again to gain some reasons why I started create a Blog

Komentar 1

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Tentu alasan sekaligus tujuan ngeblognya berubah-ubah seiring waktu bergeser. Buat tempat curhat atau buang sampah, pernah; buat cari duit, pernah; supaya terkenal, pernah; menambah relasi, pernah; belajar menulis maupun hal-hal lain, oh jelas. Tapi inti dari semua itu tetaplah berbagi cerita. Terlalu banyak kisah yang sayang kalau dipendam sendirian. Siapa tahu pada kemudian hari ceritanya bisa menjadi pengingat.

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018