LOGO BARU PIZZA HUT | Good Ideas. Great Stories.
Logo baru Pizza Hut via businessweek.com

Ceritanya lagi asik bersih-bersih file desain di laptop nih. Pas balik ke Chrome eh nemu berita kalo Pizza Hut udah ganti logo aja. Katanya sih strategi dari perusahaan ini untuk mensiasati pasar internasional.

Wah kayaknya menarik nih!
Kenapa Jung?

Karena kalo yang namanya branding pasti ada imbasnya ke konsumen. Dalam bentuk apa? Mungkin berupa promosi atau diskon ya. Entahlah. Hehehe...

Evolusi logo Pizza Hut via creativebloq.com

Sebagai restoran yang terkenal di seluruh dunia, Pizza Hut memiliki branding yang baik. Merah, hitam dan kuning adalah warna yang mewakili restoran ini. Hmm.. dari kombinasi warna bisa ditebak dong branding apa yang ingin ditonjolkan dari Pizza Hut. Yap! Logo Pizza Hut yang berwarna merah melambangkan kesegaran dan gairah, sedangkan warna kuning menggambarkan kekayaan, rasa dan kebahagiaan.

Kemudian hitam?
Elegan.

Katanya nih Pizza Hut lagi nambah variasi menunya. Ini disebabkan penjualannya menurun dan tersaingi oleh kompetitor lain. Lalu kayak gimana sih menu baru dari Pizza Hut? Yaitu melalui branding yang bertajuk The Flavor of Now. Menurut Pizza Hut sendiri, nanti topping makanan yang berasal dari Italia ini bisa disesuaikan. Termasuk juga saus dan "daleman" dari pizzanya. Kemudian sebagai tanda dari branding yang baru tadi maka Pizza Hut ngerilis logo baru. Dimana logo baru ini terinspirasi dari saus tomat dan adonan pizza. Yummy banget!

Nah logo baru Pizza Hut ini emang tampil beda dan minimalis banget. Tulisan putih dengan latar belakang merah jauh lebih standout dari logo lama yaitu bentuk atap limas. Logo baru Pizza Hut ini lebih menonjolkan sisi tulisan dibandingkan sisi gambar logo sebelumnya.

Terus siapa sih yang ngedesain logo baru Pizza Hut ini? Tak lain dan tak bukan adalah perusahaan agensi yang udah terkenal sob, namanya Deutsch LA yang websitenya bisa dikunjungi di www.deutschinc.com.

Jika kalian perhatikan nih, desain logo dari Pizza Hut ini semakin simpel. Hal ini juga termasuk strategi branding loh. Untuk tahap awal, logo yang kompleks 'cukup' diperbolehkan. Kemudian dengan semakin terkenalnya suatu produk dan memiliki banyak konsumen maka dilakukanlah re-branding dengan menyederhanakan desain.

Apa tujuannya?
Yakni 'mempermudah' konsumen untuk mengingat dengan cara yang lebih sederhana :)

Pizza Hut via paypizzapal.com

Namun sayang, menurut saya re-branding kali ini kurang begitu sempurna. Penggunaan warna merah dan putih sedikit banyak telah merubah branding warna merah, kuning hitam. Seandainya saya diberikan tiga warna tadi maka akan teringat kombinasi logo Pizza Hut. Namun untuk logo yang baru hanya menampilkan dua warna. Merah dan putih, Indonesia kah? :)

Itu menurut pemikiran saya. Kalo kamu? Let me know on the comments box below!

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017