Artikel ini disponsori oleh PouchNation, startup yang bergerak dibidang event management solution.


Kalo kamu belum tau apa itu NFC artikel ini pas banget loh buat dibaca. Soalnya, kita akan ngebahas apa itu NFC beserta aplikasinya. Singkatnya, NFC atau Near Field Communication adalah teknologi konektivitas yang memungkinkan pertukaran data tanpa menggunakan kabel dalam jarak dekat. Fitur NFC ini menggunakan RFID atau Radio Frequency Identification. Sederhananya, NFC bisa dianggap bluetooth jarak dekat namun proses autentifikasi atau pengenalan antar device berlangsung sangat cepat. Nggak heran kalau teknologi tap to pay ya memakai NFC ini kan.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita kembangkan menggunakan NFC. Selain untuk pertukaran file seperti gambar, audio dan video, teknologi ini memungkinkan menjadi penghubung antar perangkat elektronik yang memiliki fitur NFC juga. Perangkat lain bisa mengenali NFC dari perangkat lain pula.

Is That NFC The Next Big Opportunity?

Coba kita pahami dulu, apa yang membuat NFC menjadi primadona dan bisa diaplikasikan dimana saja. Intinya, teknologi ini memungkinkan untuk diaplikasikan pada aktivitas kita yang membutuhkan pertukaran data atau transaksi. Wajar kalau fitur NFC ini memberikan kita kesempatan besar untuk diaplikasikan di ranah apapun.

Hal yang paling bisa kita lihat jelas adalah penggunaan NFC sebagai wearable device untuk sebuah event atau festival. Sebelum NFC, kita masih menggunakan cara konvensional untuk memastikan pengunjung yang masuk ke event adalah mereka yang sudah registrasi dengan menunjukkan tiket yang disobek.

Ya, disobek. Benar-benar disobek!

Well, itu masih konvensional banget. Nggak ramah lingkungan lagi. Bahkan, masih ada saja event yang menggunakan stamp pada kulit untuk memberikan tanda pada peserta acara. I think, we missed big opportunity here.

Padahal NFC bisa digunakan sebagai event management solution. Masih belum kebayang? Gini, ada banyak data yang bisa diambil dengan fitur NFC ini. Tentu saja, stamp dan tiket yang disobek tadi tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran, tracking pergerakan pengunjung dan lain sebagainya. Great things might happen with NFC!

Nah, inilah kenapa fitur NFC ini sangat bagus digunakan apalagi untuk EO (Event Organizer) yang bergerak di sport event management, music festival, art exhibition dan lain sebagainya. Celah inilah yang dimanfaatkan oleh salah satu startup asal Singapura, PouchNATION.

PouchNATION via pouchnation.com
PouchNATION memberikan solusi kepada sebuah event untuk mengambil data menggunakan teknologi NFC yang mereka sematkan pada wirstband yang dikenakan pengunjung. Nah, wirstband sebagai wearable device ini tadi nggak cuman sebagai entry pass aja, dia juga bisa dipakai untuk melakukan transaksi di dalam event tersebut.

Hmmm...untuk mengisi saldonya, pengunjung bisa mengisi melalui deposito bank atau menggunakan kartu kredit sebelum memasuki venue. Enaknya buat pengunjung sih nggak perlu bawa dompet atau uang banyak. Ya hitung-hitung bisa menghindari kecopetan, kan kalo event besar pasti crowded banget tuh.

Buat merchant (owner) produk makanan atau minuman, semua transaksi bisa terekam, sehingga bisa dianalisis performa penjualan dari sebuah event. Sebab teknologi ini bisa memberikan heatmap sehingga spot-spot yang jarang dikunjungi bisa terekspos.

Teknologi NFC juga bisa digunakan oleh organizer untuk membatasi akses ketika ada pengunjung yang memasuki restricted area. Gila gila... zaman sekarang serba teknologi. Itu semua bisa terjadi. Eh, memang benar-benar sudah terjadi sih!

***

Is that NFC the next big opportunity? Of course! Please don't print your ticket unless you really need to. Wristbands which replace paper tickets as passes and are used to pay for goods inside the venue, allowing people to go cashless.

Save Trees.. !
Header image credit: pexels.com

Komentar

Sampaikan pendapatmu di sini:

Posting Komentar

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017